Kapal Tugboat Terbakar di DAS Barito: Korban dan Kerugian yang Dilaporkan

Buntok,Radar Tribun Nusantara – Pada Senin 13 Mei 2024, sebuah kapal penarik atau tugboat mengalami ledakan dan terbakar di wilayah Desa Rangga Ilung, Kecamatan Jenamas, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah. Tugboat Surya 03 tersebut melakukan penarikan tongkang dari Kalimantan Selatan pada saat kejadian terjadi.

Pukul 6.30 WIB, kapal tersebut tengah mengerjakan tugasnya dan menggandeng tongkang batu bara kosong dengan muatan brutto 250 GT. Sayangnya, kapal penarik tersebut tiba-tiba meledak dan terbakar. Hingga kini, penyebab meledaknya kapal masih belum diketahui dengan pasti.

Menurut keterangan dari warga sekitar, insiden tersebut menyebabkan seluruh awak kapal mengalami luka yang serius. Mereka dievakuasi oleh nelayan serta masyarakat sekitar. Kondisi korban saat ini belum dikonfirmasi namun harus segera menerima perawatan yang memadai.

Belum ada tanda-tanda keselamatan dari 10 orang yang dikabarkan hilang dan saat ini pihak terkait tengah melakukan pencarian terhadap para korban yang belum terberitahukan kondisinya. Sebanyak 9 awak kapal ditemukan, di mana 1 di antaranya selamat dan 8 lagi masih belum ditemukan. Kapal dagang yang terdiri dari 5 awak, 3 di antaranya selamat, sedangkan 2 lainnya masih dalam pencarian.

Seiring dengan insiden ini, otoritas berwenang serta petugas penyelamatan dari daerah setempat membawa kapal dan tongkang ke wilayah yang aman dan menjalankan prosedur penyelidikan lebih lanjut.

Insiden ini menimbulkan kerugian material dan fisik yang cukup besar. Tugboat Surya 03 merupakan kapal penarik yang digunakan untuk menarik kapal lain di perairan dangkal dan sempit yang sulit dilalui kapal besar. Oleh sebab itu, tugboat ini sangat berharga bagi industri pelayaran, dan insiden seperti ini dapat menyebabkan gangguan dalam pengangkutan atau kegiatan industri lainnya.

Baca Juga :  Perlunya Kerjasama Antara Pemerintah, Perusahaan, dan Masyarakat untuk Mengatasi Masalah Tambang Batu Bara dan Gas Bumi di Jalan Luwe Hulu dan Luwe Hilir

Kesimpulannya, ledakan dan kebakaran di kapal penarik Tugboat Surya 03 yang terjadi di DAS Barito telah menimbulkan kerugian yang signifikan terhadap orang dan properti. Meskipun penyebab terjadinya insiden ini belum diketahui secara pasti, harapannya adalah semua korban dapat diselamatkan dan industri pelayaran dapat segera pulih kembali setelah kejadian ini.(Red)