Melestarikan Budaya Lokal Melalui Festival Tira Tangka Balang 2024 di Puruk Cahu

Puruk Cahu,Newsnusantara.id – Bupati Murung Raya Hermon secara resmi membuka festival budaya Tira Tangka Balang 2024 dengan gong tampil di panggung utama Kota Puruk Cahu pada Kamis, 2 Mei 2024 sore.

 

Dalam festival budaya ini, ada berbagai perlombaan seperti tarian tradisional, musik tradisional, makanan tradisional, kerajinan tangan tradisional, kostum tradisional dan nyanyian tradisional.

 

Dalam Perayaan pembukaannya, Hermon menyatakan bahwa festival budaya tahunan Tira Tangka Balang yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah Murung Raya melalui Departemen Pendidikan dan Kebudayaan berfungsi sebagai sarana melestarikan budaya lokal dan memperkenalkan karakteristik dan nilai-nilai unik dari budaya daerah kepada pengunjung.

 

Yang bertujuan untuk mengangkat budaya lokal, berfungsi sebagai platform untuk promosi dan pertukaran budaya, menyediakan ruang bagi seniman dan praktisi budaya untuk berinovasi, menciptakan dan memamerkan pengetahuan budaya mereka sementara juga menarik wisatawan lokal dan internasional.

 

bersyukur atas festival budaya Tira Tangka Balang yang memungkinkan kami untuk melestarikan dan mewariskan warisan ini kepada generasi mendatang sehingga anak cucu kami tidak akan kehilangan identitas mereka sebagai pewaris warisan budaya yang kaya ini.

Kadis Pendidikan Ferdinand
Kadis Pendidikan Ferdinand

Lebih Lanjut Menurut Ferdinand Wijaya, ketua panitia penyelenggara dan Direktur Pendidikan dan Kebudayaan, Disdikbud, total 408 peserta dari 10 kabupaten akan mengikuti acara yang akan berlangsung selama tiga hari dari 2 Mei hingga 4 Mei 2024 Tidak masalah

 

Tiga pemenang terbaik akan menerima dukungan finansial dan piala dari penyelenggara, dan kami juga akan mewakili kabupaten tersebut pada Festival Isen Mulang di Ibu Kota Provinsi Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada 17, 18 Mei 2024, seperti yang dinyatakan oleh Ferdinand.(Red)

Baca Juga :  Pasar Murah Kalteng Berbagi Berkah: Solusi Efektif Pengendalian Inflasi Daerah