Meningkatkan Semangat Pendidikan di Tengah Pandemi

Puruk Cahu,Radartribunnusantara.com – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) merupakan momen istimewa bagi insan pendidikan di seluruh Indonesia. Upacara peringatan tersebut biasanya dilaksanakan setiap tahun untuk mengapresiasi jasa para pejuang pendidikan serta meningkatkan semangat mencerdaskan kehidupan bangsa. Tahun ini, Pj Bupati Murung Raya (Mura), Hermon secara langsung memimpin upacara peringatan Hardiknas 2024 di Halaman Kantor Bupati pada tanggal 2 Mei 2024.

Dalam pidatonya, Pj Bupati Mura, Hermon mengakui bahwa proses belajar bukanlah suatu hal yang mudah, Mendukung pidato tersebut, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim mengatakan bahwa ketika langkah dari segala elemen mulai serempak dalam menerapkan segala materi pembelajaran.

Pandemi COVID-19 telah mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup secara drastis. Meskipun begitu, bukan berarti semangat pendidikan harus menurun. Sebaliknya, tantangan ini harus dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat dan inovasi dalam mendukung pendidikan di Indonesia.

Sejauh ini, pemerintah, para pendidik, dan pelajar telah mengambil beberapa langkah untuk memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia. Namun, masih banyak yang harus dilakukan agar cita-cita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terwujud dengan baik. Kita perlu memastikan bahwa semua usaha yang telah dilakukan untuk meningkatkan pendidikan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. Semua hal yang telah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang cita-citakan.

Dalam proses mendukung pendidikan, toleransi, dan kerja sama antara pemerintah, pendidik, dan masyarakat sangatlah penting. Semua pihak harus bekerjasama agar pendidikan dapat terus meningkat dan berkualitas. Seperti yang dikatakan oleh Pj Bupati Mura, Hermon, “belajar bukanlah suatu hal yang mudah, namun proses belajar setiap orang dapat dipermudah dan lebih efektif apabila dalam melakukan proses belajar tidak menemukan rintangan dalam implementasi kurikulum, sarana prasarana pelaksanaan, serta kualitas tenaga pendidik.”

Baca Juga :  "Mencegah Stunting Sejak Dini: Pentingnya Menikah pada Usia yang Ideal"

Oleh karena itu, mari kita tingkatkan semangat pendidikan, meskipun dalam masa pandemi ini. Kita harus mampu untuk beradaptasi dan mengatasi tantangan sekaligus menemukan cara baru yang kreatif untuk memberikan pendidikan yang lebih baik dan efektif dalam menyiapkan generasi muda untuk masa depan yang lebih baik.(Red)