Pemerintah Bangun Sekolah Aman Bencana di Daerah Terdampak

News22 Dilihat

Jakarta – Pemerintah berencana membangun sekolah aman bencana di daerah-daerah yang terdampak bencana, seperti yang baru saja terjadi di Sulawesi Utara. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, mengatakan bahwa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan merancang pembangunan dan program sekolah aman bencana di wilayah yang mengalami bencana.

 

Selain itu, Muhadjir juga menyatakan bahwa pemerintah akan mengalokasikan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk penanggulangan pascabencana. DAK ini akan digunakan untuk memperbaiki infrastruktur yang rusak akibat bencana, termasuk sekolah.

 

Muhadjir Effendy mengungkapkan bahwa terdapat lebih dari 86 ribu jiwa atau 28.925 kepala keluarga yang terdampak bencana di Sulawesi Utara. Bencana tersebut telah menyebabkan kerusakan pada sejumlah sekolah.

 

“Kemendikbudristek akan merancang pembangunan dan program sekolah aman bencana di tempat-tempat yang sekarang sedang mengalami bencana,” ujar Muhadjir di Jakarta Pusat, Kamis, 2 Mei 2024.

 

Sementara itu, terkait dengan erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara, Gubernur Olly Dondokambey mengatakan bahwa dua desa di sekitar gunung, yakni Desa Laingpatehi dan Pumpente, akan dievakuasi. Penduduk desa akan dipindahkan ke Likupang dan Pulau Mongondow Selatan yang berjarak tiga jam perjalanan dari Kota Manado. Olly mengklaim bahwa lokasi tersebut cukup aman dari dampak erupsi Gunung Ruang.

 

Pemerintah juga bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menyalurkan bantuan kepada korban bencana. BNPB telah menyiapkan dana siap pakai yang dapat dikucurkan untuk penanggulangan bencana

 

Berita ini di kutip dari Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1863333/kemendikbud-akan-bangun-sekolah-aman-bencana-di-sejumlah-daerah-terdampak-bencana

 

 

Baca Juga :  Pelaku Pembunuhan Wanita Dalam Koper di Bekasi Ditangkap Polisi