Pemerintah Daerah Diminta Fasilitasi Kerja Sama UMKM dengan Investor

News26 Dilihat

Semarang, 27 April 2023 – Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan Subchi menekankan pentingnya kerja sama antara pelaku UMKM dengan investor besar untuk mendorong pertumbuhan sektor UMKM. Ia menyampaikan hal ini di sela kegiatan Central Java Investment Bussiness Forum (CJIBF) dan UMKM Gayeng di Semarang.

 

Fathan menyatakan bahwa sektor UMKM memberikan kontribusi signifikan terhadap pembentukan PDB dan penyerapan tenaga kerja. Namun, ketersediaan modal masih menjadi masalah utama bagi pengembangan UMKM. “Maka pemerintah daerah bisa mengambil inisiatif untuk memfasilitasi kerja sama pelaku UMKM dengan investor besar baik melalui kebijakan maupun program,” ujarnya.

 

Ia berharap CJIBF dapat menjadi wadah yang terintegrasi untuk mempromosikan investasi dan mendorong kerja sama antara investor dan pelaku UMKM. Fathan menyoroti peran penting UMKM dalam menopang perekonomian nasional. “Kontribusi UMKM terhadap PDB mencapai 60,5%, dan di sektor ketenagakerjaan mereka mampu menyerap 96,9% dari total tenaga kerja nasional,” katanya.

 

Selain keterbatasan modal, Fathan juga menyoroti minimnya inovasi di kalangan UMKM. “Sebagian besar UMKM enggan melakukan eksperimen dan menciptakan inovasi untuk mengembangkan usaha,” katanya. Ia juga mengkritisi pengelolaan UMKM yang masih tradisional tanpa perhitungan yang matang dalam penentuan harga dan strategi pemasaran.

 

Fathan berharap CJIBF dapat menjadi ajang yang tidak hanya sebatas acara, tetapi ditindaklanjuti dengan kerja sama konkret antara investor dan pelaku UMKM. “Dengan kerja sama yang baik, diharapkan sektor UMKM di Jawa Tengah khususnya dan Indonesia secara umum dapat tumbuh dan mendorong pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya

Berita ini di kutip dari Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5583190/dorong-pertumbuhan-umkm-waka-komisi-xi-pemda-harus-giat-gandeng-investor-besar

Baca Juga :  Pelaku Pembunuhan Wanita Dalam Koper di Bekasi Ditangkap Polisi