Tarif Listrik Mei 2024 Ditetapkan, Belum Ada Pengumuman Kenaikan

News22 Dilihat

Jakarta – Pemerintah telah menetapkan tarif listrik untuk bulan Mei 2024. Namun, hingga saat ini belum ada pengumuman resmi terkait kenaikan tarif listrik atau perubahan harga.

 

Informasi tersebut berdasarkan situs resmi PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), web.pln.co.id, yang menyebutkan bahwa tarif listrik untuk satu triwulan dan bulan Mei termasuk dalam triwulan kedua 2024, sehingga tarif listriknya digolongkan dalam penetapan April-Juni 2024.

 

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjelaskan bahwa penetapan tarif listrik triwulan II Tahun 2024 mengacu pada parameter ekonomi makro, seperti kurs, Indonesian Crude Price (ICP), inflasi, dan Harga Batu Bara Acuan (HBA), yang direalisasikan pada November, Desember 2023, dan Januari 2024.

 

Perhitungan penyesuaian tarif tenaga listrik untuk pelanggan non subsidi dilakukan tiga bulan sekali berdasarkan perubahan parameter ekonomi makro tersebut. Namun, dalam informasi yang dirilis oleh PLN, tidak disebutkan secara spesifik terkait besaran tarif listrik yang ditetapkan untuk periode April-Juni 2024.

 

Terkait hal ini, salah satu golongan pelanggan listrik, yaitu P-3/TR (penerangan jalan umum), tercatat memiliki tarif sebesar Rp 1.699,53 per kWh untuk periode April-Juni 2024. Namun, belum diketahui apakah terdapat perubahan tarif untuk golongan pelanggan lainnya.

 

Pemerintah masih belum memberikan keterangan resmi mengenai adanya kenaikan tarif listrik atau tidak. Masyarakat diimbau untuk menunggu informasi resmi dari pemerintah atau pihak PLN terkait hal ini

 

Berita ini di kutip dari Sumber: https://news.republika.co.id/berita/scuzxz282/pln-umumkan-tarif-daftar-listrik-mei-2024-apakah-ada-kenaikan

Baca Juga :  Pelaku Pembunuhan Wanita Dalam Koper di Bekasi Ditangkap Polisi